Cepat Lelah dan Sembelit Tanda Kurang Cairan



Wolibop | Sering merasa pusing dan cepat haus? Bisa jadi tubuh terkena dehidrasi atau kekurangan cairan. Gara- gara kekurangan air Anda bisa mengalami gangguan serius. Mulai dari mulut kering sampai sembelit!

Tubuh manusia terdiri dari 70% air yang berguna untuk mengatur suhu, melindungi persendian dan organ. Juga membantu melancarkan sirkulasi oksigen ke dalam sel tubuh. Sayangnya banyak yang menganggap remeh masalah dehidrasi tersebut.

Padahal apabila tidak segera ditangani akan mendatangkan penyakit yang serius karena dehidrasi tidak mengenal usia dan jenis kelamin. Ada baiknya kenali gejala-gejala dehidrasi seperti berikut ini:

Mulut kering dan lidah bengkak
Mulut kering dan lidah sedikit bengkak atau sariawan merupakan tanda-tanda dehidrasi. Minumlah 2 liter air setiap hari secara teratur untuk menghindarinya.

Urin kuning gelap
Jika tubuh mengalami dehidrasi, ginjal mencoba untuk menghemat air dengan menghentikan produksi urine. Akibatnya urine akan berwarna lebih gelap atau kuning pekat dan jumlahnya sedikit.

Sembelit
Ketika tubuh memiliki cukup air, makanan yang dimakan akan bergerak bebas. Usus besar atau kolon akan menyerap air dari makanan. Namun saat dehidrasi, usus besar akan menghemat air yang menyebabkan feses menjadi keras dan kering, inilah yang memicu sembelit.

Kehilangan elastisitas kulit
Tubuh yang kekurangan cairan akan memicu hilangnya elastisitas pada kulit dan membuatnya terlihat kering dan kusam.

Jantung berdebar
Agar jantung berfungsi baik harus memerlukan tubuh yang sehat dan normal. Jika ada penurunan aliran darah dan perubahan kadar elektrolit akibat dehidrasi, biasanya jantung akan berdebar-debar.

Otot kram atau kejang
Fungsi otot diduga terkait dengan ketidakseimbangan elektrolit, sehingga jika mengalami dehidrasi maka akan terjadi kram pada otot atau kejang secara terus menerus.

Pusing
Dehidrasi juga bisa menyebabkan pusing bahkan hingga pingsan. Salah satu tanda-tanda dehidrasi adalah ketika tubuh terasa mengambang ketika buru-buru bangun dari duduk atau posisi tidur.

Lelah
Dehidrasi kronis membuat volume darah dan tekanan darah turun sehingga membuat pasokan oksigen ke darah menurun. Tanpa oksigen yang cukup, otot dan fungsi saraf akan berkerja lambat sehingga menjadi cepat lelah.

Air mata kering
Jika tubuh kekurangan cairan, air mata yang digunakan untuk membersihkan dan melumasi bola mata akan berkerja tidak optimal. Bisa jadi produksi air mata berhenti.

Suhu tubuh meningkat
Air memainkan peran dalam mengatur suhu badan. Ketika tubuh mulai panas kulit akan berkeringat. Dengan berkeringan suhu tubuh akan menurun, maka ketika mengalami dehidrasi, tubuh berhenti memproduksi keringat yang membuat tubuh terasa panas.

Jika sudah terlihat tanda-tanda di atas, sebaiknya perbanyak minum atau makan buah dan sayur yang mengandung banyak air seperti melon, semangka dan tomat.


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)